Keindahan Riam Pangar




Keindahan Riam Pangar 
 
Riam Pangar, Riam Pangar Kalbar, Wisata Riam Pangar, Foto Riam Pangar, Riam Pangar Sanggau Ledo, Riam Pangar Arung Jeram, Riam Pangar Bengkayang, Riam Pangar Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat,


http://jurnalhijaulumut.blogspot.com/2018/07/keindahan-riam-pangar.html

    Siapa sih yang tidak tau dengan riam yang satu ini, dan mungkin masih ada yang belum tau. Ya, Riam Pangar atau yang biasa orang sebut Riam Panggar, terletak di Kabupaten Bengkayang, Kecamatatan Tujuh Belas. Memang tidak ada habis-habisnya tempat wisata yang ada di Kecamatan Tujuh Belas ini khususnya riam, yang selalu memberikan panorama indah dan selalu menjadi destinasi untuk para penikmat alam bebas. Kali ini kami akan mengunjungi Riam Pangar bersama teman-teman yang ada di Singkawang, untuk berkunjung ke destinasi yang akan kami tuju, kami menyewa sebuah pick up, karena melihat antusias teman-teman yang join sangatlah ramai. 

Singkawang - Bengkayang (1,5 - 2 Jam)
    Untuk menempuh ketempat wisata ini memerlukan waktu yang cukup lama jika dari Singkawang, rombongan berangkat menuju arah Bengkayang waktu tempuhnya 2 jam. Selama diperjalanan ke arah Bengkayang inilah yang selalu kami nanti-nanti, begitu indah suguhan panorama alam , hamparan sawah, dan pohon-pohon saling berdampingan. Memanjakan mata sekaligus menemani rasa bosan selama perjalanan, dan sempat berhenti di daerah bernama Serukam untuk istirahat sebentar serta membeli jajanan, kemudian melanjutkan perjalanan menikmati bukit Vandering dengan jalan yang berkelok-kelok sehingga membuat perut gondal-gandul tak karuan hingga sampailah dipusat kota Bengkayang, yaitu di pasar Bengkayang. Dan dari pusat Bengkayang ini kita akan menempuh perjalanan 2 jam lagi untuk sampai di lokasi riam.




Bengkayang - Sanggau Ledo (±2 Jam)
   Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Sanggau Ledo dengan waktu tempuh lumayan lama dari pasar Bengkayang, diperjalanan kami ditemani awan mendung yang tak sabar menyurahkan tuah nya. Selama di perjalanan kalian bisa melihat tanda petunjuk arah, jadi kalian yang ingin berkunjung tidak akan sesat. Jika sudah melihat pangkalan TNI AU maka tak jauh pula untuk ke lokasi yang dituju. Kemudian akan terlihat tanda jalan yang bertuliskan Riam Merasap di sebuah pasar kecil tak jauh dari pangkalan tadi, ikuti petunjuk arah tersebut. Jika bingung kalian bisa bertanya dengan masyarakat setempat yang ramah. Lokasi Riam Pangar masih satu daerah dengan riam merasap, dan jika kalian melihat gerbang bertuliskan Riam Merasap, kalian harus masuk ke gerbang itu karna disitulah lokasi riam pangar berada. 






   Disepanjang jalan kami disuguhi dengan kebun jagung milik masyarakat, hutan, dan gunung-gunung. Tak lama ada sebuah  gerbang dari kayu bertuliskan Riam Pangar Tanggi Rafting. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit menuju titik destinasi dengan jalan setapak yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, sudah terdengar bunyi gemercik air yang sangat deras, kebetulan kami berangkat saat musim penghujan, sehingga debit air di Riam Pangar sangatlah tinggi dan berbahaya jika ingin berenang. Tariff yang dikenakan Rp.5000/orang dan parkir mobil Rp.10.000.

    Fasilitas yang disediakan pun lengkap, mulai dari kantin, kamar ganti, toilet. Dan buat kalian yang ingin arung jeram/rafting bahasa kerennya, tenang. Karena sudah terjamin safety nya, mulai dari alat-alanya dan juga petugas atau keeper yang selalu memantau keselamatan pengunjungnya. Mengunjungi riam di musim penghujan ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya adalah air di riam deras dan sangat cocok untuk bermain arung jeram. Kekurangannya adalah air nya yang sangaaaaat dingin untuk berenang.


    Walau dingin tidak menyurutkan niat kami untuk sekedar berendam di air dingin ini, sambil berfoto-foto ria, tertawa dan rasa bahagia menjadi satu, baik dari kami sendiri ataupun dari pengunjung lain.Tidak lupa kami membuat bivak atau tenda darurat untuk sekedar berteduh bila hujan turun sambil memasak air untuk membuat kopi dan mie tentunya. Dikarenakan waktu itu kantin sedang tutup, akhirnya kami memutuskan untuk membuat makanan dan minuman hangat sendiri.  




Keindahan dan kesejukan berada di Riam Pangar menjadi daya tarik tersendiri untukku ingin berkunjung lagi semoga dilain waktu. Bagaimana dengan teman-teman?

Selamat berlibur bagi yang liburan 😀
Like dan bagikan jika artikel ini merasa bermanfaat bagi anda 👍
Terima Kasih, Salam Lestari 💛


Comments

  1. Jika anda butuh nomor togel 100% di jamin tembus silahkan hub.AKI SAJIWO di nmr hp beliau.085-322-061-788 terimah kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Gunung Populer di Kalbar

Pendakian Gunung Bawang 1471 MDPL