10 Gunung Populer di Kalbar


BUKIT JAMUR, BUKIT KELAM, BUKIT POTENG, BUKIT BELLEW, BUKIT TIONG KANDANG, BUKIT TEMENONG, BUKIT BAHU, GUNUNG BAWANG, GUNUNG NIUT, BUKIT SEBAYAN


Akhir-akhir ini, banyaknya para pegiat dan penikmat alam yang sering sekali saya lihat di media sosial belakangan ini, para anak-anak penggiat alam maupun orang awam yang berswa foto dipuncak bukit maupun gunung. Bukan hanya di Jawa saja, bahkan di Kalimantan pun sudah mulai banyak, tanpa terkecuali Kalimantan Barat, mungkin sedang hits-hits nya sejak diputarnya film 5cm. Jika diamati, memang gunung-gunung di Kalbar sangatlah berbeda dengan gunung yang ada di daerah lainnya, seperti di Pulau Sumatera, Jawa, bahkan Pulau Papua.
Di Kalimantan, khususnya wilayah Kalimantan Barat, didominasi oleh bukit, berbeda dengan di pulau seberang, disana memiliki ketinggian yang relatif lebih tinggi dan jauh berbeda dengan yang ada di Kalbar, namun kalau urusan trek dan kesulitan jalur, gunung dan bukit Kalimantan sepertinya gak kalah saing lah.

Walaupun demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat dan antusiasme teman-teman pendaki untuk menikmati ketinggian, walau tak setinggi gunung-gunung yang ada di seberang sana. Menurut saya, mendaki itu bukan perkara seberapa tinggi engkau naik dan seberapa besar kerill yang kau bawa, melainkan apa pelajaran yang engkau dapat selama dipendakian,…cielaaahh. Banyak pelajaran yang diambil selama kita berdialetika dengan alam, seperti belajar untuk lebih bersyukur, bersyukur dalam apa yang telah dilimpahkan oleh Tuhan untuk kita, yang salah satunya berupa keindahan alam.
Nah, seiring makin boomingnya kegiatan mendaki gunung ini, berikut adalah hasil riset saya di media sosial, gunung-gunung apa saja sih yang sering dikunjungi oleh para penggiat alam di Kalimantan Barat. Akan tetapi, mungkin saja riset saya kali ini ada kekeliruan bahkan berbeda dengan riset-riset orang terdahulu yang telah melakukan hal serupa. Oke langsung aja kita mulai.


1. BUKIT JAMUR
https://jurnalhijaulumut.blogspot.com/

Ya, bukit jamur. Terletak di Kabupaten Bengkayang, tak jauh dari pasar Bengkayang kok. Kalau dari Singkawang menuju basecamp bisa memerlukan estimasi waktu kira-kira 2 jam, namun bila dari Pontianak membutuhkan 4-5 jam perjalanan. Bukit ini sangat populer dikalangan para penikmat alam, karena selain keindahannya, bukit ini juga tak terlalu tinggi. Untuk sampai kepuncak hanya memerlukan waktu 3-4 jam saja. Sehingga untuk para pemula sangat dianjurkan untuk berkunjung ke sini, walau tak tinggi alangkah lebih bijak bila kita berkunjung ketika cuaca sedang bagus dan kondisi tubuh yang fit.
Baca juga pendakian bukit jamur



2.BAWANG PEAK
Trek menuju puncak (summit attack)

Masih di Bengkayang, disana ada sebuah gunung bernama Gunung Bawang, gunung ini memiliki ketinggian yang terbilang cukup tinggi yaitu 1471 mdpl dan treknya yang bikin emosi. Untuk mendaki digunung ini, ada beberapa jalur yang bisa dilewati, yaitu jalur desa Madi (sisi timur gunung) yang terletak di Kecamatan Lumar, Bengkayang. Namun yang lebih populer adalah jalur Lembah bawang di Desa Suka Bangun, Sungai Betung. Sebab sedikit mempersingkat waktu dibandikan dengan jalur Madi yang memerlukan waktu kurang lebih 1 harian. Oh iya, gunung ini sangat dikeramatkan oleh suku Dayak setempat dan masih ada daerah yang belum tereksplor maka agak sulit bila kita mendaki tanpa mengetahui rute dan keadaan sekitar. Tapi tenang, disana ada orang setempat yang bersedia mengantar kalian untuk naik ke puncak. Dan sekali lagi saya ingatkan, persiapkan mental, fisik, dan pengetahuan yang matang sebelum mendaki gunung ini.


3.BUKIT BELLEW
sumber : instagram @nadiopangestu
Bukit Bellew atau Bukit Belia yang terletak di wilayah Desa Bangau Kec.Bonti Kab.Sanggau Kalimantan Barat, dengan jarak  +/- 200 KM dari ibu kota Kalbar (Pontianak) dengan waktu tempuh kurang lebih tiga sampai empat jam perjalanan. Bukit Bellew sendiri memiliki ketinggian sekitar 800-900 MDPL.
Bukit ini juga belum dikenal luas, dan untuk para penikmat ketinggian, bukit ini cocok masuk dalam daftar list trip atau liburan kalian. 





4.BUKIT BAHU
sumber : instagram @jejak.kalimantan
Bukit Bahu, di Dusun Bangau, Desa Majel, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau. Lagi-lagi Sanggau, bukit bahu semakin terkenal luas, sebab banyaknya foto-foto para pengunjung dari latar belakang yang beragam menghiasi dinding Instagram dan media sosial lainnya yang menyuguhkan keindahan alam puncak Bukit Bahu.
Jika kita perhatikan foto-foto Bukit Bellew, Bakmunt, dan Bahu, mereka seperti bukit yang sama seakan-akan kembar tiga. Hamparan ilalang yang merupakan ciri khas mereka dan kebetulan letaknya juga di daerah yang sama yaitu Bonti, Sanggau.
Fyi nih, banyak yang mengatakan bukit ini sebagai bukit Teletubies, ilalang hijau yang menyuguhkan mata, apalagi bila kita berkunjung pada waktu musim penghujan, kabut tebal akan datang menyelimuti yang menjadi sensasi tersendiri bila berkunjung kesini.



5.GUNUNG NIUT
sumber : instagram @arielnethan_ memperlihatkan telah sampai di puncak niut
Nah ini, gunung yang sering dikatakan sebagai trek cukup menantang ketimbang gunung yang ada di Jawa. Mengapa?, sebab karakteristik gunung yang ada di Kalimantan pada umumnya berupa hutan lebat sehingga banyak pendaki menghabiskan waktu di hutan.
foto
“Sekedar informasi nih, gunung Niut ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Kalimantan Barat dengan ketinggian 1.700 mdpl. Gunung Niut merupakan gunung vulkanik purba tak aktif di Indonesia. Di wilayah ini tersusun atas Formasi Gunung Api Niut dengan batuan Basalt, Plistosen–plistosen, Kapur dan Intrusif serta Plutonik Basa. Selain itu disebalah barat terdapat susunan Batupasir Kayan dan Formasi Pedawan dengan batuan Serpih, batu pasir, batulumpur karbonan, sedikit sisipan batugamping di kaki gunung sebelah timur

Terletak di Kab.Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Ada beberapa jalur untuk mendaki ke gunung ini yaitu jalur Dawar, Serimbu, Tamong, Sungkung dan Balai Karangan. Rata-rata pendakian dilakukan oleh mapala dan tak banyak yang naik ke gunung ini. Pendakian dapat memakan waktu kurang lebih 4 hari. Jika ingin berkunjung kesini jalur Dawar merupakan jalur yang banyak direkomendasikan dan pastikan persiapkan dan persiapkan sematang-matangnya.


6.BUKIT KELAM
sumber : instagram @amazingborneo.id
Salah satu keindahan Kabupaten Sintang ini memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata andalan. Kalian tau Ayers Rock di Negeri tetangga kita Australia?. Ayers Rock dikategorikan sebagai bukit monolit raksasa dan diklaim sebagai batu terbesar di dunia. Eits tunggu dulu, ada yang jauh lebih besar dibandingkan Ayers Rock, tiada lain dan tiada bukan yaitu bukit Kelam.
Bukit kelam lebih tepatnya berada di Kecamatan Kelam Permai, 20 km dari Kota Sintang, Kalimantan Barat atau sekitar 395 km dari Pontianak. Terletak di antara dua sungai besar, yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.
Batu ini terbentang dari timur ke barat dengan tinggi 1.002 mdpl. Jika kita coba dibandingkan dengan Ayery Rock di Australia yang oleh UNESCO diakui sebagai warisan dunia, sebagai Batu Monolid terbesar, sebenarnya hanya memiliki tinggi sekitar 863 Mpdl, jauh di bawah Bukit Kelam.
foto
Bukit Kelam memiliki tanaman endemik yaitu kantong semar. Membentang dari barat dan timur setinggi 1.001 mdpl dan diapit oleh 2 sungai besar yaitu sungai melawi dan sungai Kapuas. Untuk pendakian mencapai puncak dibutuhkan waktu 4-5 jam untuk naik dan 3-4 jam untuk turun.


7.BUKIT SEBAYAN
sumber : instagram @borneo.outdoor dan @sitimustiani

Mungkin kalian tak asing lagi mendengar Bukit Sebayan ini, terletak di Kecamatan Tayan Hilir dan menjadi tujuan favorit dalam hal daki mendaki. Bukit ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin memulai mendaki dan panoramanya juga tidak mengecewakan
Jika ingin berkunjung sebaiknya anda mempersiapkan perlengkapan dan jangan lupa minta izin kepada kepala dusun setempat serta melihat keadaan cuaca terlebih dahulu sebelum berangkat. Selain itu perhatikan juga persiapan untuk pejalanan seperti air, dan memakai sepatu khusus untuk hiking demi keamanan dalam perjalanan.







8.BUKIT TIONG KANDANG
sumber : @chindikristinawati
Tiong Kandang merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Sanggau. Wisata ini terletak di Dusun Mangkit dan Dusun Mak Ijing dengan jarak 83 kilometer dari Kota Sanggau.
Bukit ini memiliki ketinggian 980mdpl, kita juga tidak diizinkan untuk ngecamp di puncak, selain itu sebelum mendaki kita juga harus menjalani upacara adat setempat. Ekosistem yang ada di bukit itu juga sangat dijaga dengan baik dari masyarakat, itu menunjukan kalau orang pribumi sangatlah menghargai alam sebagai tempat untuk hidup.
Binatang yang hidup dihutan ini aman dari perburuan, begitu juga dengan penebangan hutan. Semua ini sudah komitmen masyarakat di kaki gunung untuk tidak merusak ekosistem yang ada. Jika ada yang berani melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan masyarakat maka akan mendapat hukum adat dengan tegas.



9.BUKIT TEMENONG
https://jurnalhijaulumut.blogspot.com/
Bukit ini sempat hits beberapa waktu yang lalu dikarenakan keindahannya yang langsung berahadapan dengan pantai, lokasinya yang masuk dalam tempat wisata Kura-Kura Beach menjadikan bukit ini sebagai tujuan favorit. Selain menikmati ketinggian kalian juga bisa bersantai-santai menunggu senja di pantai.
Bukit ini masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang, tapi sekarang bukit ini tidak indah lagi serta jalur yang sering dilewati untuk mendaki ke sana juga ditutup dikarenakan pembangunan PLTU. Tetapi masih ada jalur lain untuk sekedar menikmati sunset di bukit Temenong ini.
Jika dari pusat Kota Singkawang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja untuk menuju lokasi, dan memerlukan waktu 1 jam saja untuk mendaki bukit ini.


10.BUKIT POTENG 
https://jurnalhijaulumut.blogspot.com/
sunrise di Poteng

 Bukit Poteng, ya salah satu bukit paling populer di Kota Singkawang. Memiliki puncak seperti jari jempol sehingga membuat warga sekitar menyebutnya dengan sebutan gunung jempol, bukit poteng ini juga masuk dalam cagar alam Poteng Raya yang dikelola oleh pemerintah.
Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl dan cocok untuk para pemula, tak heran banyak yang berkunjung untuk sekedar menikmati indahnya Kota Singkawang dari ketinggian. Namun sayang di pos terakhir sebelum menuju puncak banyak coretan vandalisme di batu yang dibuat oleh tangan-tangan usil nan jail.
Bila ingin mendaki kita harus melakukan perizinan ke dinas terkait jauh sebelum hari pendakian, ngecamp di puncak poteng juga dilarang sehingga area camp di alihkan ke daerah bendungan di lereng bukit.



Itulah dia beberapa bukit yang hits di media sosial versi saya, masih banyak tempat indah diluar sana yang  masih belum di ekplor lebih jauh.
Pesan saya adalah mendaki  menunjukan betapa hebatnya Tuhan menciptakan alam semesta ini , kita sebagai manusia yang juga salah satu ciptaan-Nya wajib untuk saling menjaga dan merawat hasil karya Tuhan ini.

Sekian artikel saya kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan sebagainya.
Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang santuy-santuy saja
Salam Lestari 💚💚💚

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendakian Gunung Bawang 1471 MDPL

Keindahan Riam Pangar